Posted by: sijono | May 13, 2008

Nasib bangsas bekas jajahan & kaums minoritas

Puff kalii inih judul postingannya berasa kelas berat sadja yap…*menyesuaikan brat badan si penulis* Hehe. Setelah sekian lama saia tax membahas sesuatu yang berat-berat *angkat2 semen maksudnya* 😀 apakah kali inih tulisan saia berasa benar-benar berat untuk dibahas?? *hohoho, hanya kaliyan dan saia yang tauw*

Sbenernya tulisan inih suda terkubur lama di antara file-file acax adul saia yang tersimpan di notbux parah saia, layar yang mbleret-mbleret krn LCD kna lah, berdebu lah, apa lah, itu lah, inih lah…lah makin gax nyambung!*masalah notbux tnggu sadja postingan slanjutnya :p *

Key letz get down to da bisnis….

Sebenernya ada apa siy dengan nasib negara2 jajahan inih?! termasuk Indonesia tercintah tentunya!! Sebagai mantan negara2 jajahan pasti sedikit banyak track record sebagai negara bekas gempuran negara laen tetep dan akan slalu jadi torehan tersendiri dalam jiwah manusia2 di sgala macam generasi yang idup di negara tersebut *slaen bertoreh di buku sejarah persekulan tentunya*

 

Mantan negara2 bekas jajahan inih sebenarnya gax hanya terjajah negaranya tapi skarang inih bisa kitah liat dari lumayan terjajahnya teknologi dan posisi mereka di dunya fana inih ditambah pula dengan keminoritasan mereka dalam pengaruh thadap dunya luar, dampak psikis juwgah ngefek kux, derajat n martabat mereka pun cuman dipandang sipit sama negara2 yang sox berkuasa ntuw, tau kan kaums n negara mana yg saia maksud dgn yang sok berkuasa ntuw?? 😀

Oia sblum nambah celotehan yg laen, saia mu nyebutin beberapa negaras n kaums bekas jajahan tsb…Indonesia, Latino, Blacx people *niger*, etc..

 

Dari masalah nama n nama panggilan ajah bisa nunjukin klo The Eks tuw terjajah, cthnya klo swatu saat ada Bule dateng ke Indo n org Indo salah menyebut nama dy…beeeehh..tuw bule bkalan gax trima dgn sangad tuw, dy bakalan ngotot bwat membenarkan dgn sbenar2nya nama dy mpe org Indo bener2 perfecto nyebutin. Beda kasus klo ada org Indo yg salah dipanggil nama ma Bule, pasti kitah2 inih dgn sangad b’besar ati bwat memaklumi keblibetan lidah mrk bwat nyebut nama kitah. Lhah wong misalnya nama Nasirun, ma org bule bisa diganti jadi Nash *kux jadi keren ya?*, Ibrahim jadi Abraham, Airinda *saia :D* brubah jadi Eye!*huh sebel*. Begitu jg klo kitah dtg ke ngara bule sanah, pasti kitah dituntut bwat ngikutin culture mrk. Klo mrk dtg ke sinih pasti kitah yg mlah bungkuk2 n mendewakan mrk n memaklumi sgalanya.ck..ck.

Cthnya aja mslh table manner..mang di Indo ada culture table manner?yg ada di Indo tuw makan brg2 lesehan pake tangan *saaahh..ajiiibb* eee..skrg malah ngadopsi table manner yg nota bene culture org2 sanah *biar gax dianggep ndeso klo lg bgumul ma bule ya??*

 

 

Trus cobah dey klo kitah liat pilem2 bule sanah, pernahkah kitah liat org2 Latino jadi majikan n org kulit putih jadi pembantu??dari jaman batuw mpe jaman berlian skrg inih pun org2 kulit berwarna slalu jdi aktor n artis bercelemek di pilem ato di keidupan nyatah. Org timur tengah n Latino pasti jadi mafia n teroris di pilem2 bule ntuw, pdhl org2 arab kan yahuuudd *ahaaa…jadi inget sama abinya anak2 :p *. Trus nasib kaums Black pun suda dgn terkenalnya tertindas dmn2, sampe2 mrk pun jaman dulu di US, bwat menghirup udara pun “dibuang” di tmpat khusus yg gax nyampur ma kulit putih. Ada smacem batas (border) ky smacem dicth gtuw antra tmpat idup The Blacks n Si Putihs. Bbrp taon laluw pun di bus2 US ada aturan tax tertulis, klo The Blacks gax seberhax Si Putih u/ duduk di bus seat. Klo mmg lg bruntung dpt seat mrk wajib duduk di back row.

 

 

Ketertindasan macem ntuw yg bnr2 suseh bwat diilangin di mind set kitah, buwat kluar dari “invisible cage” inih mah suseh sangad..gax taw juwgah gmn caranya. Soalnya pun kitah2 inih jg udh mengikuti alur yg udh ada. Hmft…moga kitah lebih bisa move n thinx smart bwat bikin perubahan2 yg ada…

 

Teruntuk SeAbad Kebangkitan Bangsakuw  

 

Terperanggah ide dari kelas Poetry Analysis’kuw n American Class saia

 

*sijono lega akirnya memposting tulisan inih*

Advertisements

Responses

  1. fiuuuhhh……….

  2. Itu pengalaman pribadi ya dipanggil mba Eye?? :mrgreen:

    pdhl org2 arab kan yahuuudd

    Ini ndak lagi ngomongin oom camel kan yah?? 😆

  3. ^adit
    hehehe….mulai dari Eye mpe arab…smuwanya pengalaman pribadi 😀

  4. bahasanya tu na…..lucu…
    Btw, kok pada nyebutin arab sih? arab yg mana nih?…hehehe…..

  5. ^mas andi
    waaa akirnya dikaw maen juwgah ke sijono.sring2 di tengok yaaa halaman inih.hehehe
    niwe,lah iyah niy pada nyebutin arab smuwa…arab-arab maklum ajah klo pada nyebutin arab.hehehe..*blushing ah*

  6. hidup angkat berat! eh salah, hidup tulisan berat?!! 😕

    btw, bukannya airinda itu diambil dari nama ireneda?
    kan lafaznya irene = airin.. 😀

  7. ^crizosaiii
    hahaha…….pake nama irene klo ortukuw punya lidah londo..tp brubung lidah jowo bgt yo mentoknya airinda sadja

  8. Ingin membuat website?
    Ada webhost gratisan yang mungkin perlu Anda kunjungi.
    – 250 MB of Disk Space
    – 100 GB Bandwidth
    – Your own domain hosting
    – cPanel Control panel
    – Over 500 website templates ready for download
    – Free POP3 Email Box and Webmail access
    – FTP and Web based File Manager
    – PHP, MySQL, Perl, CGI, Ruby.
    – No Ads at all ! (Ini yang paling asik, ga ada iklan orang yang ditampilkan di sini)
    Berminat? Masuk aja ke
    http://www.000webhost.com/48154.html

    Belum punya domain? Masuk aja ke
    http://www.co.cc/?id=141074
    Gratis
    Domainnya bias digabung dengan webhost yang gratisan tadi

  9. mbak rinda!! wkakakakwa…oKKy neeehh… bujubusseeettt…ketemu didunia blog laen juga…auehauhea…
    tambahan! Bangsa kita kayanya… kiblat kearab2an n kebarat2an daH…huhuhu….

    blog link added!^^

  10. jah, intinya bangsa penjajah ituh jahat dan sok berkuasa. begitu kah ??

  11. intinya sok nggaya mereka ituh

  12. Wuueehhh…
    Jgn njelek2kin orang kulit putih dunk…
    Saya org kulit putih juga lho… yg memiliki badan nan tegap dan ganteng persis kayak orang bule…

    Ok Bude Eye? Gmn kabar P’de Arab?
    Bude dan Bule harus hidup bersahabat…
    hidup Bule!!!!!

  13. ^buagoesss
    hahaha…..
    hidup cinah jawa!!!masalahnya dirikuw sipit!!hi5

  14. gw bacanya jadi dikit bingung neh neng… hihhiii…. tapi bagus kok,,, lamkenal aja


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: